Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Selasa, 08 Mei 2012

Cara Melihat Type Mobo Tanpa Buka CPU


motherboard
motherboard
Bagaimana melihat tipe motherboard CPU kita tanpa harus repot-repot membuka casing CPU ? Buang jauh-jauh obeng, ga usah bongkar lemari dan CD cari dokumentasi motherboard, ga perlu cuci tangan dan bersin-bersin lagi! Inilah cara mudah melihat tipe motherboard tanpa perlu membuka CPU.
Bagi pengguna windows, cukup masuk ke command prompt (start ->run ->cmd) dan ketikkan perintah ini :

1wmic
setelah masuk maka command prompt akan berubah menjadi
1wmic:root\cli>
ketikkan
1baseboard
jrengg………tinggal dicatet deh informasi motherboard cpu apa aja yang keluar disitu, mulai dari manufacturer, model, serial number, dll. Tanpa membuka CPU, ketahuan deh tipe motherboardnya. Bermanfaat banget kalo kita lagi  install ulang CPU dengan OS Windows, lalu install driver-drivernya, kalo gini kan langsung melihat tipe motherboard – nya :) tinggal cari deh di kumpulan CD yang ada Merk dan Tipe yang sama atau cari di mbah google...

Atau dengan cara yang lain,sebagai berikut.....

A1) Langkah pertama, yang paling mudah adalah dengan melihat tipe & merek / brandmainboard atau motherboard pada box atau kardus. Contoh:

2) Langkah kedua, anda bisa melihatnya di layar BIOS (tekan [Pause/Break] di keyboardsebelum booting) seperti ini:

3) Langkah ketiga, jika anda malas mencari box atau kardus motherboard yang mungkin telah hilang entah kemana, anda dapat menggunakan bantuan software seperti Everest Ultimate Edition dan kemudian anda bisa melihat tipe & model motherboard anda seperti ini:
atau anda juga bisa menggunakan software HWiNFO32, contohnya seperti ini:
4) Langkah keempat, jika anda tidak memiliki Operating System (OS) di hardisk, anda bisa melihatnya melalui aplikasi yang bekerja di DOS seperti “System Information Tools” di dalam Hiren’s Boot CD..
5) Langkah kelima, jika anda kurang/tidak percaya dengan bantuan software, anda bisa melihat secara langsung tipe motherboard tersebut dengan membuka casing (case) komputer. Contohnya seperti ini:
NB: Apabila anda mencari merek / brand motherboard di internet, namun tidak mendapatkan hasil.. Cobalah untuk mencari tipe, chipset & kode BIOS motherboardtersebut di Google.
Demikian ya, semoga bermanfaat....
Dari berbagai sumber......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar